Resep Membuat Bawang Goreng Renyah dan Kriuk

Resep Membuat Bawang Goreng Renyah dan Kriuk

Tidak diragukan lagi kalau bawang goreng yang renyah dan kriuk dapat menambah cita rasa tersendiri dalam setiap masakan. Untuk membuat bawang goreng renyah, kriuk dan tetap awet sehingga bisa bertahan lebih lama, tidak semua orang dapat membuatnya. Mungkin ibu-ibu di rumah sudah terbiasa membuat bawang goreng untuk masakan, tapi bawang goreng yang dibuat tidak dapat bertahan lama dan renyah seperti baru saja digoreng sehingga semakin lama disimpan maka bawang goreng akan berubah jadi lembek dan berwarna kehitaman sehingga rasanya juga sedikit pahit. Untuk membuat bawang goreng menjadi renyah, tahan lama dan tetap kriuk anda harus tahu caranya karena ada cara yang mudah untuk membuat bawang goreng awet, renyah, kriuk dan gurih meskipun sudah lama disimpan. Bawang goreng renyah ini dapat bertahan hingga satu bulan dalam toples tertutup rapat. 

  • Pilihlah bawang merah yang memiliki kualitas bagus 

Anda bisa memilih bawang merah yang masih segar, dengan ukuran sedang, jika ada yang ukurannya besar dan kulitnya yang tidak basah tidak menjadi masalah. Supaya bawang idak hancur ketika di iris tipis dan bisa memudahkan dalam proses pemotongannya.

  • Irislah bawang merah dengan tipis 

Irislah bawang merah tesebut dengan tipis-tipis supaya ketika digoreng dan kering bawang bisa renyah. Jika bawang diiris dengan tipis, maka hasil dari gorengannya pun juga akan merata. Ketika mengiris bawang anda bisa menggunakan cara manual dengan pisau, bisa juga anda menggunakan alat pengiris bawang. Jika menginginkan hasil irisan yang sama, maka anda bisa menggunakan alat pengiris bawang. 

  • Taburkanlah maizena dan garam 

Sesudah bawang merah selesai anda kupas, kemudian anda cuci dengan bersih dan diiris dengan tipis, maka tambahkanlah garam sesuai dengan selera anda dan aduklah dengan rata kemudian diamkan sebentar. Sesudah itu anda taburkan tepung maizena secukupnya, bisa anda kira-kira sesuai dengan banyaknya dari bawang goreng. Misalnya bawang goreng anda sebanyak 1 kg, anda bisa mencampurkannya maizena sebanyak 1 sdm. Kemudian aduklah dengan rata dan diamkan sebentar. Dengan taburan tersebut, bawang goreng anda akan terasa renyah dan juga bisa tahan lama. 

BACA YANG LAINNYA :  Resep Es Bubur Kacang Ijo Madura
  • Gorenglah dengan api yang sedang atau kecil 

Ketika proses memasaknya, anda gunakan minyak yang banyak dan dengan menggunakan api yang kecil supaya tidak cepat gosong, kemudian aduk aduk sampai seluruhnya bisa matang dengan merata.

  • Simpanlah bawang goreng di wadah yang kedap dari udara 

Apabila bawang goreng berubah warna menjadi kuning langsung angkat saja dan di tiriskan, karena dengan panas minyak goreng akan membuat bawang goreng menjadi berwarna kecoklatan meskipun sudah di angkat dari minyak goreng. Oleh sebab itu jangan sampai terlambat ketika mengangkat bawang goreng, dan juga jangan sampai berwarna kecoklatan, nanti hasil bawang goreng akan gosong dan pahit. Kemudian di tiriskan sambil di tekan tekan supaya minyak yang masih terserap oleh bawang goreng bisa cepat habis.

Kemudian sediakanlah tampah atau baki yang sudah di beri alas Koran dan pada bagian atasnya di beri alas lagi dengan menggunakan tissue supaya sisa minyaknya di serap oleh tissue dengan di tekan tekan kembali menggunakan tissue, supaya bawang gorengnya menjadi semakin kering.

Kemudian sediakanlah toples atau wadah yang kedap dari udara untuk menyimpan bawang goreng

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *